//
you're reading...
Teh

Hati-hati Minum Teh Cina

Sejarah teh cina memang terkenal, bahkan dipercaya dari negeri Cinalah budaya minum teh berasal. Ekspor teh dari Cina yang besar menjadikannya sebagai negeri pengekspor teh terbesar di dunia. Bahkan di Indonesia yang notabene adalah juga negeri pengekspor teh dapat kita temui teh-teh dari Cina, meskipun harus ke toko-toko tertentu.

Cina dikenal sebagai produsen teh hijau yang berdasarkan berbagai riset diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan kita. Namun, benarkah teh dari negeri tirai bambu itu akan memberikan khasiat bagi kesehatan kita? Tampaknya hal tersebut harus dicermati lebih dalam. Awal tahun ini Greenpeace, sebuah organisasi lingkungan hidup global, meneliti keamanan teh yang diproduksi negeri panda itu. Hasilnya? Mengejutkan, semua sampel yang diteliti mengandung bahan aktif insektisida berbahaya dengan jenis dan jumlah yang berbeda-beda. Bahkan 12 dari 18 produk teh yang diteliti mengandung setidaknya satu jenis pestisida yang telah dinyatakan terlarang oleh pemerintah Cina sendiri. Di antaranya adalah senyawa methomyl dan endosulfan. Endosulfan sendiri telah dilarang penggunaannya sebagai pestisida di seluruh dunia berdasarkan Konvensi Stockholm karena sifat racunnya.

Bahaya yang ditimbulkan dari oleh bahan-bahan terlarang itu beragam dan dapat bersifat sistemik karena berpotensi menimbulkan kerusakan genetik yang dapat diturunkan.

Iklan

About Wahono

Segalanya tentang teh...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Blog Stats

  • 11,644 hits

Teanology Tweet

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.689 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: